Cari Blog

Artikel (12) Religi (3) Techno (3) Wisata (4)

Selasa, 29 Maret 2011

Senyum :)

 Selain senyum itu ibadah & senyum dapat membuat bahagia. Senyum dan tawa adalah bentuk perwujudan emosi kedua setelah menangis. Senyum dapat dimiliki oleh siapa saja, tidak pandang suku, ras,warna kulit, berpangkat, banyaknya deposito di bank, senyum adalah milik semua mahluk hidup terutama manusia. Hewan, mungkin menunjukkan senyumnya dengan bahasa mereka yang tentunya tidak bisa dimengerti oleh manusia. Senyum adalah hal mudah untuk dilakukan, tapi banyak orang enggan melakukannya. (kyk aku aja hahahahah....).


Seseorang dengan senyum terpancar di bibirnya dapat membuat seseorang yang bertemu dengannya merasa gembira dan senang. Sehingga senyum dan tawa dapat menjadi obat melalui efek resonansinya. Orang yang mudah tersenyum, biasanya lebih mudah untuk bergembira.
Orang yang memiliki senyum yang tulus dapat menularkan kegembiraannya kepada orang-orang di sekitarnya. Semakin banyak kita tersenyum spontan dan tulus, semakin banyak kita membagi kegembiraan kepada orang lain. Karena keceriaan, keramahan yang terpancar di wajah senyuman tulus, dapat menjadi obat bagi banyak orang juga bagi diri rendiri.

Cara terampuh dan berpengaruh dalam bersikap positif adalah dengan tersenyum. Senyum memiliki efek dalam pembentukan karakter seseorang. Seorang peneliti menemukan bahwa ada sekitar 400 otot tubuh yang bergerak saat seseorang tertawa atau tersenyum. Saat tersenyum ada sekitar 12 otot wajah yang bergerak, seperti 2 otot mata kiri dan kanan mengerut, dua otot sudut bibir kiri dan kanan tertarik, otot disekitar hidung, dua otot di sudut mulut bergerak naik dan dua otot lagi membuat bibir melebar. Sedangkan pada seorang yang suka cemberut hanya menggerakan 11 otot wajah.

Komponen Saat Tersenyum
- Memadukan gerakan otot-otot wajah
- Melakukan tarikan napas
- Menggerakkan pusat emosi-rasio di otak
Koalisi dari ketiga komponen yang terjadi saat tersenyum, mampu menghasikan efek yang sangat besar bagi tubuh dan jiwa sekaligus. Otot-otot yang terlibat terutama adalah otot yang melingkari mata dan bibir. Dua otot ini merupakan salah satu “penanda” ketuaan seseorang. Dokter ahhli kecantikan akan melakukan operasi pada pasiennya yang ingin terlihat muda. Apa yang dokter ahli kecatikan lakukan untuk merenovasi wajah agar terlihat awet muda? Dokter akan mengadakan reparasi otot-otot sekitar mata dan bibir dan beberapa tempat lain sekitar wajah dengan tehnik relaksasi dan kontraksi. Padahal tarikan (kontraksi) dan lepasan (relaksasi) otot-otot wajah dapat dilakukan secara gratis melalui senyum di bibir dan kegembiraan yang terpancar dari dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar